Kawasan Lawean Penampehan Sendang

Posted by Unknown Sabtu, 01 Juni 2013 0 komentar


Kawasan Lawean Penampehan Sendang, Air tejun Lawean salah satu potensi wisata Kabupaten Tulungagung berada di dusun Turi, desa Geger, Kecamatan Sendang kurang lebih 25 km arah barat dari Kota Tulungagung, bagian dari lereng Wilis dengan ketinggian kurang lebih 1.200 m diatas permukaan air laut.

Untuk menuju lokasi harus berjalan kaki kurang lebih 3 km melewati indahnya panorama perbukitan dan sembilan kali menyebrangi sungai di hutan perawan. Air terjun setinggi kurang lebih 100 m berteras dan bercabang. Barang siapa yang mandi di air terjun ini di yakna penduduk setempat akan sembuh dari penyakit yang diderita. Mitos “Mbok Roro Dewi Gangga”,”Mbok Roro Cemethi”,”Mbok Roro Willis”dan”Mbok Roro Endang Sampur”di percaya sebagai penguasa air terjun tersebut.

Di sisi lain masih di wilayah Sendang terdapat air terjun Pandan Wangi, ketinggian air terjun kurang lebih 30 m berada satu wilayah dengan perkebunan teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup.
Karena khasnya jalan menuju obyek ini, naik, turun, licin, curam, dan menerobos semak belukar, maka sangat cocok bagi wisata pendaki dan pecinta alam. Di lingkungan air terjun banyak tumbuh tanaman anggrek.

Tidak jauh dari air terjun Lawean terdapat Candi Penampehan berada di desa Geger Kecamatan Sendang. Untuk menuju candi dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat. Bangunan Candi berteras di lindungi pohan KalpaTaru purba. Lempengan prasasti Raja Balitung adad IX menyebutkan adanya patung “Kili Suci,””Asmoro Bangun “,patung’padi”,Tirta amerta”dipercaya dapat diperca dapat menyembuhkan berbegai penyakit Goa Tan Tek Sue, penginapan Argo Willis ‘Genceng,” dan buah duriah “ Bajul” melengkapi obyek yang membuat terkesan di kawasan Lawean Penampehan Sendang.

Sumber: forumgaruda.homegoo.com




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kawasan Lawean Penampehan Sendang
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tulungagungan.blogspot.com/2013/06/kawasan-lawean-penampehan-sendang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TEMPLATE CREDIT:
Tempat Belajar SEO Gratis Klik Di Sini - Situs Belanja Online Klik Di Sini - Original design by Bamz | Copyright of TULUNGAGUNGAN.